Sabtu, 16 Mei 2015

Banyak Vendor Global Tertarik Chip MediaTek 10-core

Woro Ari Prianto - Tabloidpulsa
Sabtu, 16 Mei 2015 21:22 WIB



Perangkat smartphone dengan tenaga CPU yang mumpuni tentulah menjadi dambaan para pengguna ponsel pintar. Dan di sini tentulah wilayahnya si empunya pabrikan alias vendor untuk menyediakan kebutuhan masyarakat tersebut. Seperti lansiran Digitimes, dimana beberapa vendor global diketahui mulai melirik chipset MediaTek 10-core Helio X20.

Ditengarai Sony, LG Electronics, HTC, Lenovo, Meizu, ZTE, Huawei dan Xiaomi tertarik untuk mengawinkan chipset prosesor 20nm MediaTek Helio X20 tersebut pada perangka terbarunya yang akan datang.


Seperti diketahui, MediaTek sampai saat ini tercatat sukses di pasar smartphone entry dan menengah, dengan menjadi 'hardware jeroan' produk-produk banyak vendor di kelas tersebut. Dan, terbukti pangsa pasarnya pun meningkat dari tahun ke tahun. Nah, dengan rencana mengusung chipset MediaTek Helio X20 nantinya maka Mediatek pun akan mulai merambah pasar smartphone kelas atas (high-end).

Sebagai informasi, pada Helio X20 disebutkan 40% lebih cepat dan 40% lebih hemat daya dibanding Helio X10 (octa-core ARM Cortex-A53). CPU Helio X20 mengusung 3 cluster disain, yakni dual-core ARM Cortex-A72 pada clock speed 2,5GHz, lalu quad-core Cortex-A53 pada clock speed 2GHz dan quad-core Cortex-A53 pada kecepatan 1,4GHz.

Chipset MediaTek Helio X20 juga menggandeng GPU Mali-T800, yang dikatakan akan mampu mendukung layar resolusi QHD.

Pihak MediaTek mengumumkan bahwa chip Helio X20 akan mulai dikapalkan pada paruh kedua tahun 2015 ini. Jadi ada kemungkinan kita akan menjumpai smartphone bertenaga Helio X20 pada kuartal awal 2016 mendatang. (Woro Ari Prianto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar