Rabu, 03 Juni 2015

Lumia 640 XL, Smartphone Penunjang Pebisnis Mobile

Dini Listiyani - Okezone
Senin, 1 Juni 2015 12:26 WIB

Lumia 640 XL, Smartphone Penunjang Pebisnis Mobile
Lumia 640 XL, Smartphone Penunjang Pebisnis Mobile (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lumia 640 XL, salah satu produk unggulan terbaru dari Microsoft Lumia yang menghadirkan performa menawan dan sangat mendukung para pebisnis mobile.
Lumia 640 XL diluncurkan bersama dengan saudaranya yaitu Lumia 640 4G beberapa waktu lalu. Kedua Lumia ini hadir bersama dengan paket bundling Office 365 personal selama satu tahun dengan penyimpanan One Drive sebesar 1TB. Tim Okezone berkesempatan untuk mengulas saudara Lumia 640, yakni Lumia 640 XL.




Desain

Lumia 640 XL dibangun dari material plastik, tapi tidak terkesan glosy. Meski terbuat dari plastik, namun Lumia 640 XL terkesan kokoh dengan warna hitam dop yang membalutnya. Pada bagian atas ponsel terlihat port jack yang berguna untuk mencolokkan headset ke ponsel, kemudian melihat ke sebelah kanan, akan ditemui tombol volume dan bergeser ke arah bawah akan ditemui tombol kunci. Untuk mengisi daya, dapat ditemui port usb di bagian bawahnya.


Guna menunjang keperluan bisnis, Lumia 640 XL juga disematkan dual slot SIM Card, sehingga pengguna dapat meletakkan dua kartu dalam satu ponsel.

Display

Lumia 640 XL, Penunjang pebisnis mobile hadir dengan bentang layar yang mencapai 5.7 inci serta resolusi kualitas HD yakni 1280 x 720 membuat ponsel Windows ini memiliki tampilan yang cukup jernih apabila digunakan untuk bermain games serta memutar video. Pihak Microsoft juga telah membenamkan teknologi Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelindung dari layar Lumia 640 XL ini. Uniknya, layar pada ponsel Lumia 640 XL menampilkan penunjuk waktu, sehingga membuat Lumia 640 XL tampak lebih cantik.


Kendati demikian, besarnya layar ini membuat ponsel tidak nyaman dikantong celana, namun dimensi layar 5,7 inci mampu untuk memberikan kenyamanan membaca.

Performa

Bagi pengguna baru, mungkin cukup rumit untuk mengoperasikan ponsel berbasis Windows Phone ini, sebab ponsel ini memiliki tampilan berbeda. Seperti menu yang ditampilkan dan tombol back serta home yang dapat dilihat dengan cara menyapukan sisi bawah layar dari bawah ke atas.

Kendati demikian, secara performa, Lumia 640 XL ini juga tak boleh dianggap remeh. Lumia 640 XL memiliki game bawaan bernama Star Wars Rebel dan Sonic Dash. Ketika salah satu game tersebut seperti Star Wars Rebel, Lumia 640 XL cukup lancar alias tanpa lag. Saat dicoba untuk membuka beragam aplikasi, Lumia 640 XL juga lancar. Namun sayangnya, saat digunakan bermain game beberapa saat dalam kurun waktu kurang dari setengah jam, Lumia 640 XL langsung terasa panas.


Kinerja ponsel Lumia 640 XL yang cepat itu dikarenakan oleh perangkat dalam yang digunakan Lumia 640 XL. Dari segi dapur pacu, Lumia 640 XL disokong oleh prosesor Quad-Core Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, RAM 1GB dan storage 8GB. Sayangnya dengan storage 8 GB, membuat pengguna tidak bisa banyak mengunduh aplikasi. Tetapi tak perlu khawatir, sebab storage 8 GB itu dapat diperluas menggunakan microSD.

Kamera

Lumia 640XL, smartphone penunjang pebisnis mobile secara kemampuan menangkap gambar, Lumia 640 XL memiliki kemampuan yang cukup baik. Pasalnya Lumia 640 XL disokong kamera 13 megapiksel dengan kemampuan autofocus dan LED, sehingga menghasilkan gambar yang cukup baik, meskipun ditempat gelap, Lumia 640 XL bisa menangkap gambar dengan baik.

\

Sedangkan kamera depannya, Lumia 640 XL dibekali dengan kamera 5 megapiksel. Uniknya, kamera Lumia ini setelah menangkap gambar, maka kamera akan menunjukkan gambar bergerak sebelum akhirnya berhenti.


Kendati demikian, kamera Lumia 640 XL memiliki beberapa fitur menarik seperti Lumia lens, lenses, dan Lumia selfie. Tetapi pengguna harus mengunduh terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Fitur Lain

Mengapa dikatakan Lumia 640 XL merupakan smartphone penunjung pebisnis mobile, karena Lumia 640 XL didukung office 635 yang memudahkan penggunanya untuk melakukan aktivitas menulis. Selain Office 635, Lumia 640 XL juga didukung fitur NFC dan beberapa aplikasi bawaan lainnya.

Spesifikasi

- Dimensi layar seluas 5,7 inci HD dengan teknologi IPS dan Corning Glass 3

- Quad-Core Snapdragon 400

- RAM 1GB dan storage 8GB

- Kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel

- Dual SIM

- Koneksi 3,5 GHz

- Baterai 3.000 mAh

- Support NFC

(amr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar