Rabu, 27 Mei 2015

Apple Kantongi Paten 'Fusion Keyboard'

Nariswari - Tabloidpulsa
Rabu, 27 Mei 2015 08:48 WIB



Tampaknya tombol keyboard ultra-shallow yang unik di perangkat Apple MacBook Retina hanyalah awal pengembangan dari teknologi keyboard yang digarap oleh Apple. Kabar terbaru menyebutkan bahwa pada pekan ini Apple telah mengantongi paten terkait teknologi fungsi keyboard, yang dijuluki sebagai "Fusion Keyboard".


Perangkat keyboard tersebut masih menampilkan fisik tombol mekanik yang masing-masing akan memiliki sensor sentuh di bagian atasnya, dan masing-masing tuts bisa ditekan dengan lembut. Dan di sini memungkinkan dukungan gesture multi-touch.

Dilansir dari Slashgear, (26/05), pada dasarnya masing-masing fungsi tuts akan menjadi seperti trackpad kecil dengan sensor sentuh kapasitif. Mereka bisa mendeteksi hal-hal seperti gesekan dan sentuhan jari paling lembut, seperti yang ada pada layar iPhone atau pun layar iPad. Melalui keyboard ini, Anda bisa klik, drag, gulir, dan melakukan gerakan lain dengan menggerakkan jari Anda di bagian panel keyboard. Pengguna bisa mengetik dengan umpan balik taktil seperti biasa.

Paten Apple menggambarkan keyboard ini bisa difungsikan sebagai keyboard untuk input teks secara individual, memungkinkan satu tangan untuk menggunakan input sentuhan, untuk gerakan kursor dan sisi lain untuk memasukkan data dengan menekan tombol. Ketika berfungsi sebagai penekanan tombol, keyboard ini juga  akan berfungsi seperti switch multi-stage.

Sebuah tombol tunggal dapat ditekan sampai ke tingkat pertama untuk satu input, atau ditekan agak lama untuk mendapatkan input yang berbeda. Apple mencontohkan, jika sebuah tuts ditekan sebentar (ke tingkat pertama), maka fungsinya adalah untuk memasukkan surat ke alamat tertentu, namun jika pengguna menekan tombol yang sama dengan intensitas lebih lama (tingkat kedua) maka bisa bertindak sebagai klik mouse, dengan perintah yang berbeda.

Namun di paten Apple ini tidak dijelaskan apakah atau kapan teknologi ini akan dibuat secara nyata menjadi produk konsumen. Kita tunggu saja. (Nariswari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar